Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Aspek Penting dalam Memilih Toko Bunga di Internet

7 Aspek Penting dalam Memilih Toko Bunga di Internet

Bunga telah banyak dipakai sebagai hadiah spesial atau untuk perayaan seperti pernikahan, pesta, bahkan pemakaman. Pada era yang super sibuk ini, toko bunga online hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan bunga.

Salah satu kelebihan utama toko bunga online adalah efisiensi, layanan pelanggan di luar jam kerja, adanya dukungan profesional, dan banyaknya pilihan bunga. Tidak hanya pembeli, bahkan para pemilik toko bunga pun sekarang lebih memilih pemesanan secara online untuk menghemat tempat dan waktu.

Sayangnya, hal ini tidak membuat segalanya menjadi lebih mudah karena banyak penipu yang menawarkan produk dan jasa dengan murah dan cepat. Alhasil, uang yang dikeluarkan pembeli menjadi sia-sia. Dengan demikian, Anda perlu memahami sejumlah aspek penting sebelum memilih dan membeli dari toko bunga online.

Harga

Harga adalah salah satu poin terpenting dalam memilih toko bunga online. Di samping harga produk bunga, pastikan juga berapa biaya pengirimannya untuk mendapatkan total biaya. Jangan sampai Anda membeli bunga berkualitas rendah dengan harga yang tinggi.

Ulasan/Testimoni Pelanggan

Salah satu toko bunga online berpengalaman, Athaya Florist di websitenya www.athaya.co.id menyatakan bahwa sebuah toko bunga online yang serius dan sudah melanglang buana pasti akan memiliki ulasan/testimoni pelanggan yang bisa dipertanggungjawabkan. Akan tetapi, hal ini menjadi sulit bagi toko-toko bunga online yang baru berdiri.

Pembayaran

Metode pembayaran yang aman adalah mutlak dalam era digital. Tidak ada satupun orang yang ingin menjadi korban peretas daring atau perusahaan penipu lain yang berusaha mencuri data finansial seseorang.

Jaminan

Entah membeli bunga asli atau palsu, sebuah toko bunga online harus mampu menyediakan bunga sesuai permintaan pelanggan. Tanyakan juga apa yang akan mereka lakukan jika tiba-tiba stok habis. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi yang terburuk.

Pengiriman: Area dan Kecepatan

Ketahui layanan pengiriman yang toko bunga online gunakan. Ajukan pertanyaan-pertanyaan seperti seberapa jauh jaraknya dari tempat tujuan Anda atau berapa lama bunga akan sampai.

Untuk lebih meyakinkan, sejumlah toko bunga yang kompeten akan selalu meng-update berita mengenai pesanan bunga Anda. Beberapa bahkan menyediakan fitur pelacakan ketika bunga sedang dikirim.

Penawaran dan Katalog Produk

Kalau Anda menemukan sejumlah produk dan penawaran yang menarik, maka ini bisa dijadikan salah satu pertimbangan. Beberapa contoh layanan yang cukup menggiurkan adalah same-day delivery dan  penawaran terbatas, misalnya paket khusus hari raya, hari valentine, diskon untuk metode pembayaran tertentu, dll. Oleh karena itu, maksimalkan keuntungan yang ada jika suatu penawaran unik tersedia di toko bunga online.

Kemudahan Akses Situs Web

Jika situs web toko bunga online  tampak meragukan, maka hal ini perlu diwaspadai. Sejumlah ciri situs web abal-abal adalah tautan tidak bisa dibuka, Anda menjumpai halaman kosong, atau waktu loading yang lama.

Toko bunga online yang serius seharusnya memperhatikan masalah ini karena situs web adalah sarana utama untuk mencapai pelanggan. Layanan customer service-nya juga harus bagus untuk menanggapi pertanyaan atau isu lain yang dihadapi pelanggan.

Saran

Sebaiknya Anda mencari toko bunga online yang melayani area di sekitar rumah Anda atau alamat tujuan pengiriman bunga. Sebagai contoh, jika Anda tinggal di daerah Kramat Jati, Anda bisa memakai kata kunci toko bunga kramat jati pada mesin pencari dan cek website yang ada disana.

Semoga berhasil!