Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apotek atau Apotik? Ini Kata Baku KBBI yang Benar

Apotek atau Apotik? Ini Kata Baku KBBI yang Benar

Halo sobat bukakuy, kita sering kali mendengar apotek akan tetapi masih ragu dengan penulisannya. Yang benar apakah apotek atau apotik? Berikut penjelasan yang kami rangkum.

Bagi sebagian orang tidak memperhatikan kata apotek atau apotik yang benar, tetapi asal menggunakan diksi dan tidak tahu kata baku yang benar.

Apotek merupakan sarana pelayanan kesehatan untuk memudahkan dan membantu meningkatkan kesehatan bagi masyarakat di daerah, apotek juga sebagai tempat bekerja untuk tenaga profesi apoteker.

Apoterker adalah orang yang melayani pembeli apotik biasanya menerima resep dokter juga dan apoteker harus paham resep obat. 

Selama ini orang salah kaprah penulisan kata dalam bahasa Indonesia dan dianggap benar oleh sebagian masyarakat sebagai hal yang biasa karena terlalu sering mengucapkan tanpa memperhatikan penulisan yang benar

Jika hal tersebut terus dilakukan secara berulang-ulang selamanya orang akan beranggapan bahwa apa yang dia ucapkan pada penulisannya sudah benar.

Padahal sebagai warga negara Indonesia, seharusnya memperhatikan dengan benar penulisan agar tidak salah kaprah.

Nah, jika kalian ragu menggunakan kata apotek atau apotik, kamu juga bisa membaca artikel ini. Baca sampai bawah ya agar mengerti dengan jelas.

Apakah apotek atau apotik?

Bagi beberapa orang menanyakan penggunaan kata yang benar apotek atau apotik, kamu jangan ragu lagi yang benar adalah APOTEK.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata baku dari apotek atau apotik Apotek.

Bahasa inggrisnya apotek adalah pharmacy.

Persamaan kata atau sinonim apotek adalah farmasi, apotek, toko obat, rumah obat.
Lawan kata atau antonim apotek adalah -

Contoh kalimat menggunakan apotek :
  1. Saya dan keluarga pergi ke apotek untuk membeli obat batuk.
  2. Ayah pergi ke apotek untuk membeli obat pusing kepala.
  3. Adik membeli obat flu di apotek.
  4. Apotek adalah tempat untuk membeli obat.
  5. Saya membeli obat di apotek. 

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dan menurut kbbi yang benar adalah apotek, semoga bermanfaat sobat. Terimakasih telah berkunjung di bukakuy. Sekian.