Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Batalkan Tiket Kereta

Cara Batalkan Tiket Kereta

Banyak orang yang masih bingung cara batalkan tiket kereta, caranya cukup gampang. Jika anda suda memsan tiket kereta, akan tetapi kamu ada acara dadakan maka tiket kereta kamu hangus? tenang saja. Kami disini akan berbagi cara batalkan tiket kereta. 

Cara batalkan tiket kereta cukup mudah dan bisa dilakukan dimana saja, karena telah ditunjang dan pelayanan yang lebih baik, kereta api menjadi transportasi yang nyaman. Unit ketera api yang baik dan pada masinis dan pelayan sumber daya manusia yang mendukung.

Harga kereta api yang cukup terjangkau alasan manyarakat Indonesia menjadikan transportasi ini sebagai pilihan transportasi yang favorit. Kereta api Indonesia terus melakukan evaluasi memperbaiki pelayanan dan keamanan untuk penggunanya.

Perubahan yang dirasakan oleh pengguna kereta api adalah dibuatnya pelayanan secara online, kamu bisa memesan tiket kereta api lewat aplikasi yaitu KAI Access. Dengan aplikasi ini kamu tidak usah repot-repot untuk datang ke loket pembelian karena dengan terhubung ke aplikasi ini sangat dimudahkan untuk memesan tiket kereta api. 

Kamu bisa membeli kapan tiket kereta yang kamu inginkan kapam saja dan dimana saja. Kamu juga bisa batalkan tiket kereta api dengan murah.

Kereta api Indonesia adalah salah satu transportasi yang menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia. Harga tiket api Indonesia ini lumayan murah dibandingkan transportasi lainnya. Tahun ke tahun Kereta api Indonesia akan terus melakukan perbaikan sistem yang dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Perbaikan layanan yang paling dirasakan pengguna adalah penjualan tiket kereta api secara online, yaitu melalui aplikasi KAI Access. Dengan demikian, kamu tidak perlu repot-repot datang ke stasiun untuk mengantri cukup dengan memiliki jaringan internet, kamu bisa melakukan pembelian kapan dan di mana saja, hanya dalam hitungan menit.

Untuk melakukan pemesanan tiket kereta api sendiri, PT KAI Indonesia memberikan banyak pilihan pembayaran yang bisa kamu gunakan. 

Kamu Bisa Melakukan Pembayaran Kereta Api dengan LinkAja 

Simak sampai akhir cara batalkan tiket ya supaya jelas
  1. Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi KAI Access, jika belum punya install terlebih dahulu.
  2. Tentukan dimana stasiun keberangkatan kamu, tanggal dan kota tujuan.
  3. Apabila sudah muncul nominal harga tiket, kemudian selanjutnya ke pembayaran.
  4. Kemudian pilih menggunakan pembayaran LinkAja.
  5. Masukkan nomor yang terdaftar di LinkAja dan masukkan PIN kamu. 
  6. Ketik kode OTP yang kamu dapat lewat Sms.
  7. Yang terakhir, kamu akan mendapatkan pemberitahuan pembayaran Tiket kereta api sudah berhasil.
Diatas adalah cara membeli tiket kereta api dengan pembayaran LinkAja.

Selanjutnya jika kamu ingin batalkan tiket kereta api, apakah bisa dibatalkan? ya tentu saja bisa. Batalkan supaya uang kamu tidak hangus sia-sia.

Diaplikasi KAI access terdapat dua jenis pembatalan tiket kereta, yang pertama yaitu pembatalan tiket karena perjalanan kereta api dibatalkan yang kedua pembatalan tiket kereta atas keinginan calon penumpang untuk kereta api.

Berikut Cara Batalkan Tiket Kereta Api Secara Online

  1. Pertama kamu buka aplikasi KAI Access.
  2. Selanjutnya pilih menu My Trips 
  3. Masukkan kode booking tiket yang telah kamu pesan dan ingin batalkan.
  4. Pilih menu E-Ticket. 
  5. Kemudian klik tombol pembatalan tiket kereta.
  6. Setelah itu masukkan nama penumpang yang tiket kereta ingin dibatalkan.
  7. Setelah kamu membaca syarat dan ketentuan semuanya.
  8. Konfirmasi pembatalan tiket kereta dengan klik tombol "Yakin" maka pembatalan tiket kereta berhasil.
  9. Pengembalian dana tiket kereta api yang dibatalkan akan dibayarkan 100% ke nomor rekening terdaftar dalam waktu 30 hari.

Cara Batalkan Tiket Kereta Api di Stasiun

Kamu bisa batalkan atau mengajukan pengembalian dana tiket kereta. Sesuai kebijakan PT. KAI, pembatalan bisa dilakukan langsung di stasiun kereta api.  Proses batalkan tiket kereta api di stasiun sebagai berikut :

  1. Jika kamu ingin membatalkan tiket di loket stasiun paling lambat 30 menit sebelum jam keberangkatan Kereta Api.
  2. Tunjukkan bukti identitas asli (KTP) sesuai data yang tercantum calon tiket kereta.
  3. Kamu akan terkena biaya pembatalan sebesar 25% dari tarif tiket Kereta Api.
  4. Mengenai pengembalian dana dilakukan setelah hari ke-30 ke kamu melalui transfer atau diambil tunai di stasiun, kamu harus menunjukkan formulis pembatalan dan menuntukan identitas asli.
Sudah jelas kan? cara batalkan tiket kereta api, jangan lupa untuk periksa notifikasi pada halaman riwayat untuk mengetahui statusnya sudah berhasil atau belum.

Kalau kamu mewakilkan penumpang untuk proses pembatalan di loket stasiun kereta api, kamu perlu membawa surat kuasa bermaterai Rp10.000 dengan tanda tangan kamu, kartu identitas asli kamu beserta fotokopi.

Selanjutnya Cara Batalkan Tiket Kereta Api Online Via WA

Pengajuan pembatalan tiket kereta api yang terbaru adalah dengan online melalui Whatsapp. Berikut beberapa tutorialnya :
  1. Kamu harus menyertakan kode booking tiket, identitas diri kamu dan hasil positif rapid test antigen/ RT- PCR.
  2. Kamu dapat melakukan pembatalan Whatsapp Contact Center 121 pada nomor 0811-1211-1121.
  3. Pengajuan pembatalan tiket kereta paling lambat dilakukan pada H+14 dari tanggal keberangkatan.
  4. Pengembalian dana akan dilakukan secara penuh dana kamu akan kembali 100%.
  5. Catatan pengembalian bea dengan skema transfer 14 hari.
Untuk mendapatkan informasi lebih kamu  dapat menghubungi Contact Center (021)121, surat elektronik ke alamat cs@kai.id atau melalui akun sosial media difacebook atau twitter KAI Indonesia.

Akhir Kata
Pembatalan tiket kereta maksimal 30 menit sebelum keberangkatan kereta api, uang anda akan kembali tanpa potongan biaya admin jika menggunakan aplikasi LinkAja dan jika datang di stasiun kereta api akan terkena potongan sebesat 25% dari harga tiket kereta api.

Kamu dapat melakukan pembelian atau pembatalan tiket kereta api kini bisa dilakukan dengan sangat mudah. 
Selain itu, banyak sekali promo menarik yang bisa kamu dapatkan apabila melakukan pembelian tiket kereta api menggunakan aplikasi KAI Access. Selamat menikmati perjalanan kamu dengan transportasi ini.

Diatas adalah cara batalkan tiket kereta yang sudah kami rangkum untuk kamu, semoga bermanfaat ya.