Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mandi Wajib Laki Laki dan Wanita Menurut Agama Islam dan Niatnya

Cara Mandi Wajib Laki Laki dan Wanita Menurut Agama Islam dan Niatnya

Sebentar lagi ramadhan, marhaban ya ramadhan bagi kita semua umat muslim. Selamat menjalankan ibadah puasa ya muslim semoga kita dapat menjalankan penuh. 

Dengan datang bulan ramadhan ini admin akan membagikan tips yang bermanfaat yaitu cara mandi wajib laki laki menurut agama islam dan niatnya. Simak ya sampai akhir agar dapat mandi wajib yang sesuai menurut agama islam. Admin akan sertakan cara mandi wajib untuk laki-laki beserta niatnya.

Kamu mencari tahu Cara Mandi Wajib Laki Laki dan Wanita Menurut agama islam dan niatnya? tidak usah kemana, karena kita merangkum secara luas dan detail. 

Cara mandi wajib untuk laki lagi cukup mudah, kamu perlu supaya air dapat menyeluruh ke tubuh kamu. Dan mandi wajib dapat mensucikan diri agar menghilangkan hadas besar.

Kamu harus mandi dengan menggunakan air yang mengalir dan suci. Tujuan mandi wajib adalah untuk menghilangkan hadas besar dari tubuh sebelum melakukan ibadah atau berpuasa ramadhan.

Cara mandi wajib dan benar untuk laki laki sudah ada kaidahnya dan pembahasan sendiri yang harus diikuti dengan baik, yang ditakutkan jika mandi tidak sesuai aturan mandi wajib kamu belum dilaksanakan dengan tidak akan sah dan ibadah kamu takutnya tidak sah juga.

    Selain kamu melakukan tata cara diatas untuk laki-laki menurut agama islam, intinya kamu harus mantap didalam hati bahwa mandi wajib yang kamu lakukan susah menghilangkan hadas besar.

Simak sampai bawah agar tidak ada yang terlewatkan sehingga mandi wajib kamu sah menurut agama islam, aamiin.

Cara Mandi Wajib Laki Laki Menurut Agama Islam dan Niatnya

Dengan kemantapan hati kamu tidak akan ragu lagi mandi wajib kamu sudah sah atau belum, air sudah merata keseluruh badan atau belum. Kamu harus mantap didalam hati yang kamu lakukan susah sesuai agama islam dan sah.
  1. Yang pertama kamu Niat Mandi Wajib untuk Laki-laki
  2. Nawaitul ghusla liraf 'il hadatsil akbari fardhal lillaahi ta'aala, jika kamu bingung bisa menggunakan niat dalam bahasa indonesia. Sah-sah saja tidak usah diambil pusing.
  3. Dalam bahasa indonesia artinya: Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar fardu kerena Allah ta'ala. (Baik menggunakan niat bahasa indo tapi tahu maksud dan artinya).
  4. Selanjutnya Mencuci Kedua Tangan, sebanyak 3 kali. Langkah ini untuk menghilangkan najis yang ada ditangan kamu.
  5. Selanjutnya membersihkan bagian tubuh kamu yang kotor, misalnya bagian tangan dan kemaluan agar tidak ada sisa yang menempel.
  6. Kamu mencuci tangan dengan sabun.
  7. Selanjutnya membersihkan tangan menggunakan sabun agar bersih dari kotoran dengan sabun.
  8. Berwudhu seperti biasa, yang kamu lakukan sehari-hari.
  9. Membasahi sekujur kepala, kamu harus membasari seluruhnya tidak ada bagian yang kering.
  10. Basahi kepala kamu sebanyak 3 kali dari pangkal hingga ujung rambut.
  11. Memisah-misah dengan jari-jari kamu di rambut agar air dapat menyerap sampai ke kulit kepala.
  12. Lakukan dengan shampo masuk serta membersihkan hingga kulit kepala.
  13. Membasahi seluruh tubuh, hal ini sangat penting dalam mandi wajib bagi laki-laki dan wanita/perempuan.
  14. Yang terakhir, mandi dan membersihkan seluruh anggota tubuh kamu mulai dari kanan dan kiri lakukan dengan merata membasahi seluruh tubuh.
Diatas adalah urutan cara mandi wajib menurut agama islam dan niatnya untuk laki laki bisa menggunakan cara diatas. Selanjutnya kita akan bahas tata cara mandi junub bagi wanita/perempuan menurut islam yang benar dan niatnya. Simak ya :


Tata Cara Mandi Junub Bagi Wanita atau Perempuan Menurut Islam
Kami akan membahas tentang niat mandi wajib haid dan cara melakukan mandi junub bagi wanita atau perempuan. Sebelumnya apa itu junub? Junub adalah sebuah hadas besar yang terjadi akibat seseorang berhubungan seksual atau mengeluarkan air mani laki-laki maupun wanita.

Perbedaan perempuan dan laki laki tentunya Perempuan tentunya lebih biasa melaksanakan mandi wajib karena siklus menstruasi bulanan. Maka dari itu, cara mandi wajib yang benar ini sangat penting untuk perempuan agar diterapkan agar dapat menghilangkan dan mensucikan diri.

Niat mandi mandi wajib menurut agama islam bagi perempuan berikut niatnya. “BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITU GHUSLA LIRAF'IL HADATSIL AKBAR MINAN NIFASI FARDLON LILLAHI TA'ALA. Dalam bahasa Indonesia Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta'ala." (Alangkah baiknya mengetauhi arti dan maksud niat)

1. Kamu harus niat terlebih dahulu seperti diatas.
2. Basuh tangan sebanyak 3 kali pastikan air merata ya.
3. Membersihkan alat kelamin agar tidak kotor dan najis agar hilang dari tubuh.
4. Mencuci kembali tangan dengan sabun agar bersih kembali setelah membasuh kotoran.
5. Mengambil wudhu sebagaimana biasa kamu melakukan sehari-hari.
6. Membasuh keseluruhan rambut di kepala dengan mengguyurnya sebanyak 3 kali sampai terkena air seluruhnya.
7. Siram anggota tubuh kamu sebelah kanan hingga tiga kali hingga merata.
8. Kemudian siram seluruh anggota badan pada bagian kiri sebanyak tiga kali juga pastikan terkena air merata ya.
9. Menggosok bagian tubuh sebanyak tiga kali, terutama bagian yang sulit seperti pusat, ketiak, lutut, pusar dan sela-sela lainnya yang sulit dijangkau.
10. Setelah semuanya, kamu bisa melakukan mandi seperti biasa.

Diatas adalah urutan bagaimana tata cara mandi wajib wanita atau perempuan yang benar dan sah. Semoga kita selalu bisa menjaga kesucian dimanapun dan kapanpun berada. Jika kamu ada pertanyaan tentang mandi junub perempuan yang benar, komentar ya pertanyaan kamu. Insyaallah nanti kita akan jawab.

    Apa bila ada hal yang perlu ditanyakan mengenai cara mandi wajib laki laki dan mandi junub bagi wanita atau perempuan menurut agama islam dan niatnya, komentar ya. Kita saling belajar bareng.

Akhir Kata

Bagaimana cara mandi wajib laki laki menurut agama islam dan niatnya dan mandi junub perempuan agar kita selalu bersih dan suci untuk menjalankan ibadah puasa dengan lancar, sekian semoga pembahasan kali ini bermanfaat.

Kamu sudah melakukan cara mandi wajib seperti diatas untuk laki laki dan perempuan atau wanita? semoga kita semua senantiasa dapat menjaga kesucian badan setiap saat. Aamiin.