Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masa Ketika Pemerintah Menggunakan Uuds 1950 Sebagai Undang-Undang Negara Disebut

Masa Ketika Pemerintah Menggunakan Uuds 1950 Sebagai Undang-Undang Negara Disebut

Kamu sedang belajar UUDS 1950? masa ketika pemerintah menggunakan uuds 1950 sebagai undang-undang negara disebut? mari kita belajar bareng dan membahasnya secara rinci dan detail contoh soal.

Sebelumnya apakah kamu sudah tahu tentang yang simaksud UUDS 1950? jika belum maka saya akan jelaskan UUDS 1950. Baca sampai bawah ya.

Pengertian Undang-undang Dasar Sementara (UUDS) 1950 adalah?

UUDS 1950 adalah undang-undang dasar yang bersifat buat melengkapi pergantian struktur pemerintahan sebagai negara kesatuan republik Indonesia dan bersifat sementara.


Kapan berlakunya 
Undang-undang Dasar Sementara (UUDS) 1950?

UUDS berlaku Republik Indonesia 
berlaku mulai hari tanggal 17 Agustus 1950. Uuds ini disebut sementara karena menunggu terpilihnya 
Dewan Konstituante hasil pemilu. Uuds dibubarkan karena tidak ada partai yang mendominasi di parlemen adanya pertentangan antar partai di parlemen.


Contoh soal menggunakan UUDS 1950 sebagai undang-undang negara disebut :

Jika kamu menemui soal tentang masa ketika pemerintah menggunakan uuds 1950 sebagai undang-undang negara disebut? jangan bingung untuk memilih jawabannya, akan admin bahas berikut ini dan jawabannya.

Pembahasan :

Pada masa pemerintah menggunakan uuds 1950 sebagai undang-undang negara disebut Era 1950-1959 karena pada masa itu era dimana bapak Presiden Soekarno memerintah menggunakan konstitusi Undang-Undang Dasar Sementara (UUDS 1950) Republik Indonesia. Masa ini berlaku dari tanggal 17 Agustus 1950 sampai tanggal 5 Juli 1959. Pada saat periode ini berlaku sistem Demokrasi Parlementer yang disebut Demokrasi Liberal.

Masa ketika pemerintah menggunakan uuds 1950 sebagai undang-undang negara disebut dengan Demokrasi Liberal yang menempatkan menempatkan badan legislatif lebih tinggi dari pada badan eksekutif. Demokrasi liberal memakai sistem yang menjunjung tinggi persamaan politik dan membebaskan individualisme.

Contoh ciri-ciri demokrasi liberal :

  1. Demokrasi menggunakan konstitusi undang-undang dasar sementara (UUDS) 1950.
  2. Menggunakan sistem pemerintah kabinet parlementer.
  3. Pemerintahan dipimpin langsung oleh Perdana Menteri dan bertanggung jawab ke parlemen (DPR)
  4. Kabinet sering terjadi jatuh bangun.

Diatas adalah penjelasan mengenai masa ketika pemerintah menggunakan undang-undang sementara (uuds) 1950 sebagai undang-undang negara disebut. Semoga paham yang admin sampaikan, jika ada salah kata atau typo maaf ya. Jadi jangan ragu untuk menjawab pertanyaan itu mengenai pemerintah menggunakan uuds 1950.

Saya sarankan membaca juga artikel yang lain Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Dampak Positif Dari Kerjasama Ekonomi Internasional Adalah dan contoh yaa, terimakasih.