Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti dan Contoh Tembung Andhahan Yaiku

 

Arti dan Contoh Tembung Andhahan Yaiku

Arti dan Contoh Tembung Andhahan Yaiku

Bahasa jawa merupakan salah satu bahasa di Indonesia yang mempunyai beragam dan unik, salah satunya tembung andhahan yang akan saya jelaskan berikut beserta pengertian, arti dan contoh tembung andhahan baca sampai bawah ya.


Jika kamu menemukan tembung andhahan dalam mata pelajaran? Kamu bingung apa itu tembung andhahan? Untuk mengartikan kata ini kamu harus mengetahuinya. 


Akan tetapi kata tersebut tidak sesulit yang teman-teman bayangkan. Dalam bahasa jawa akan menjelaskan dan memberi contoh tentang tembung andhahan. Teman-teman sudah tahu mengenai apa yang dimaksud tembung andhahan? Saya telah merangkum dari berbagai data agar gampang dipahami dan dicerna.


Apa Kang aran tembung lingga? Apa arti Tembung Andhahan?


Pengertian Tembung Andhahan Yaiku

Tembung Andhahan tegese tembung ingkang sampun owah saka asale, arti bahasa indonesianya Tembung Andhahan adalah sebuah kata yang sudah berubah dari kata asalnya.

Banyak sekali contohnya tanpa kita sadari kita mengucapkan tembung andhahan yang nanti saya lampirkan contoh dibawah. Misalnya kata kelon, dikeloni, ngeloni. Tapi bukan itu yang kita bahas.


Beberapa Contoh Kata Tembung Andhahan Yaiku

Dari pembahasan diatas, tembung andhahan sebaiknya agar lebih paham saya rangkum dan memberi contoh sebagai berikut.


10 Contoh Tembung Andhahan atau 10 Tuladha Tembung Andhahan :

Asal kata bahasa jawa yaiku :

Pancal
Lunga
Ibuk
Bapak
Cekel
Silih
Sandhung
Tangis
Gawa
Tuwa

Kata yang berubah bahasa jawa yaiku :

Mancal
Lungani
Ibuke
Bapake
Nyekel
Nyilih
Kesandhung
Nangis
Kokgawa
Kamutuwa

Diatas adalah 10 contoh atau tuladha tembung andhahan yang bisa kamu ambil referensi dan bisa digunakan, cukup mudahkan teman-teman? Itu yang disebut dengan tembung andhahan.


Kesimpulan

Pada intinya tembung andhahan yaiku sebuah kata yang berbeda dan telah berubah dari awalnya.

Sekian rangkuman dari saya tentang arti tembung andhahan yaitu, artinya, dan contoh semoga dapat membantu ya. Apabila ada salah mohon dikoreksi.