Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Artikel dan Berita serta Perbedaannya

 


Halo sob kali ini kita akan membahas perbedaan artikel dan berita serta pengertiannya.

Kamu masih bingung perbedaannya? Sebelum itu kami akan mengulas semuanya :


Pengertian artikel dan berita

Sebelum kita membahas perbedaan, yu kita simak bersama tentang pengertian kedua-duanya :


Pengertian artikel

Cara yang paling mudah untuk membedakan artikel dan juga berita adalah bisa dilihat dari definisinya dan tujuannya. Pengertian artikel adalah sebuah karangan faktual yang didalamnya mengandung gagasan atau ide-ide penulis nya. Dan biasanya artikel akan dipublikasikan dalam media cetak, maupun elektronik, website dan lain-lain.

Pengertian berita

Kemudian, pengertian berita adalah sebuah informasi mengenai sesuatu hal yang sedang terjadi. Berita harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan juga harus memenuhi karena biasanya berita akan disebarluaskan oleh media. Penyajian berita ini biasanya melalui media elektronik, cetak, media televisi maupun mulut ke mulut.

Berita mempunyai kriteria penulisan unsur 5W + 1 H. Apa itu 5W dan 1 H?. Berikut 5W+1H adalah di dalam bahasa Inggris yaitu : What, Who, When, Why, Where dan How. Bahasa indonesianya kata tanya adalah Apa, Siapa, Kapan, Mengapa, Di mana, dan Bagaimana.

Perbedaan artikel dan berita


  1. Artikel dan berita mempunyai perbedaan cukup banyak, setelah membaca definisi antara artikel dan berita, kita dapat menyimpulkan bahwa Ciri berita tidak memuat opini dan merupakan peristiwa aktual. Sementara artikel mengandung opini yang tetap dan didasarkan fakta dan data yang ada untuk jangka panjang.


  1. Informasi artikel bersifat tetap sesuai data, akan tetapi berita bersifat sementara dan akan selalu ada berita terbaru lainnya.


  1. Perbedaan artikel bersumber dari berbagai data dan dibuat dari perorangan biasa, sementara berita dibuat oleh peliput dan narasumber yang terkait.

  2. Perbedaan terakhir artikel 2W + 1H sedangkan berita 5W + 1H.

  3. Biasanya berita menggunakan bahasa formal dan artikel terkadang menggunakan bahasa formal dan tidak formal.



Persamaan artikel dan berita


Dari rangkuman diatas kita tahu bahwasanya artikel dan berita sama-sama mengandung informasi, selain itu ulasan artikel dan berita bisa panjang dan bisa pendek.


Kesimpulan


Sekian informasi mengenai perbedaan artikel dan berita, cukup kali ini dari saya semoga bermanfaat. Jadi selanjutnya tidak usah bingung ya.