Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Reaksi Kimia Yang Terjadi Pada Peristiwa Fermentasi, Seperti Pada Pembuatan Tape Adalah

Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tape adalah


Halo apa kabar semua? kali ini kita akan membahas tentang materi kimia tentang Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tape adalah? agar lebih mudah memahami, baca sampai hingga akhir ya.

Kalau kamu menemui soal kimia yang menanyakan Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tape adalah? gimana sudah bisa menjawab belum, jika belum mari kita pahami tentang fermentasi pada tape bareng-bareng ya teman.

Langsung saja ke persoalan yang dimaksud berikut ini Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tape adalah dan beserta kunci jawaban dan pembahasannya lengkap. 


Contoh soal peristiwa fermentasi reaksi kimia :

Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tape adalah

a. glukosa + CO2 → CO2 + C2O + energi + alkohol
b. glukosa + CO2 → CO + alkohol 
c. glukosa → CO2 + alkohol + energi
d. glukosa → C2 + H2 + alkohol

Setelah kami mencari pada buku Kimia Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tape adalah jawabannya adalah c. glukosa → CO2 + alkohol + energi, yang akan saya jelaskan berikut ini.


Pembahasan soal reaksi kimia

Makanan tape dibuat dengan melakukan fermentasi untuk mengurai karbohidrat yang berupa glukosa pada singkong. Fermentasi ini dilakukan membutuhkan bantuan ragi yang mengandung mikroba berbentuk bakteri.

Ragi berasal dari bermacam jenis jamur seperti  Amylomyces rouxii, Aspergillus oryzae, Saccharomyces cerevisiae, Rhizopus oryzae, Saccharomycopsis fibuligera dan Endomycopsis burtonii. 

Agar singkong menjadi lunak dan berair dilakukan dengan proses fermentasi, akibatnya tape menjadi lebih awet.

Proses fermentasi contoh dari respirasi anaerob, dalam fermentasi ini terjadi proses di mana karbohidrat akan terurai akibat dari respirasi anaerob, menjadi alkohol dan gas karbon dioksida.


Reaksi kimia fermentasi adalah:

C6H12O6  → 2 C2H5OH  + 2 CO2 (karbon dioksida) + energi

(glukosa)  → (ethanol atau alkohol) + (karbon dioksida) + energi

Fermentasi pasti akan mengubah tekstur dan rasa makanan pada tape, dan makanan tape akan lebih awet dan tahan lama karena telah bercampur dengan bakteri. 


Fermentasi merupakan perubahan kimia fermentasi akan menyebabkan terjadi perubahan dengan reaksi kimia dan terjadi pembentukan senyawa baru, ini juga termasuk dikategorikan pengolahan pangan modern karena menggunakan bioteknologi.


Kesimpulan

Sekian dari admin yang telah membahas Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tape adalah? begitulah kira-kira jadi jangan ragu jika menemui pertanyaan diatas jawabannya adalah c. glukosa → CO2 + alkohol + energi. Sekian dan terimakasih.

Baja juga bermanfaat : Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Dengan Terapi Hormon.