Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Single Parent Artinya Dalam Hubungan

Single Parent Artinya Dalam Hubungan

Banyak yang bingung arti kata single parent, maka dari itu admin akan menjelaskan single parent artinya berikut ini.

Apakah kamu sudah tahu apa arti kata single parent? dalam hubungan tentunya, jika belum simak penjelasan berikut ini single parent beserta penjelasannya.

Single parent artinya apa? berikut pembahasan mengenai single parent.

Single Parent

Apa yang dimaksud dengan single parent? 

Single parent artinya orang tua tunggal adalah orang yang tidak memiliki suami, istri maupun pasangan hidup, single parent hidup dengan satu atau beberapa anak. 

Terdapat berbagai alasan single parent seperti bercerai, ditinggal pasangannya, pasangan meninggal, atau anak adopsi oleh satu orang tua.

Pengertian dari single parent adalah proses untuk pengasuhan anak, hanya ada salah satunya  ibu atau ayah. Pada umumnya keluarga single parent terdiri dari ayah, ibu, dan anak asuh. Ayah atau ibu berperan sebagai orang tua tunggal bagi anak-anak.

Dalam kehidupan nyata single parent sering dijumpai salah satu orang tuanya tidak ada lagi ayah atau ibunya. Biasanya disebut dengan keluarga dengan single parent karena hanya ada orang tua tunggal. Harus semangat ya, motivasi untuk mendidik anaknya. 

Bagaimana cara penulisan single parent yang benar? 

Dalam bahasa inggris coba kami translate satu per satu kata single parent :

Single artinya : belum kawin, masih bujang atau tunggal.
Parent artinya : ibu atau bapak atau orangtua, arti kata parent terjemahan bahasa inggris ke bahasa Indonesia artinya orang tua.

Apa arti single parent memiliki arti hidup dengan anak atau beberapa anak, yang berstatus orang tua tunggal bapak atau ibu.

Apa itu single parent menurut tokoh? 

Menurut tokoh yang bernama Hurlock (1999) dia berpendapat bahwa pengertian single parent adalah orang tua yang menduda atau menjanda salah satu dari bapak atau ibu, kemudian mengasumsikan tanggung jawab untuk merawat anak-anak setelah pasangannya meninggal, kelahiran anak diluar nikah, atau perceraian. Menurut tokoh (Hurlock, 1999).

Sejalan dengan tokoh Sager dan kawan-kawan, Perlmutter dan Hall (1985) menurutnya bahwa single parent adalah : yang dalam bahasa inggris “Parents without partner who continue to raise their children”.

Berdasarkan definisi dari tokoh tadi, dapat disimpulkan bahwa keluarga  single parent adalah keluarga yang hanya satu orang tua tunggal dimana mereka sendirian membesarkan anaknya tanpa kehadiran, dukungan, tanggung jawab pasangan suami atau istri. Single parent hidup dengan anak-anak.

Untuk contoh penggunaan kata single parent dalam sebuah kalimat dan terjemahan yang benar. Achmad is a single parent child and only lives with his mother. Yang artinya Achmad adalah anak single parent dan hanya tinggal dengan ibunya.

Akhir Kata Single Parent

Diatas adalah pembahasan mengenai apa arti single parent, sekarang sudah jelas kan. Semoga sharing kali ini bermanfaat ya sobat.