Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Pin Atm Dari Buku Tabungan

Cara Mengetahui Pin Atm Dari Buku Tabungan
Cara Mengetahui Pin Atm Dari Buku Tabungan

Cara mengetahui pin atm dari buku tabungan, pernahkah Anda lupa PIN ATM dan kartu debit Anda tersangkut di ATM dan terblokir? Anda perlu tahu cara menemukan PIN ATM dari buku tabungan Anda.

Nah, jika itu masalahnya, Anda pasti perlu meluangkan waktu untuk berurusan dengan menelan kartu dan memblokir tabungan.

PIN ATM adalah kombinasi 6 digit kata sandi atau kata kunci pin yang digunakan untuk melakukan berbagai jenis transaksi perbankan dari rekening kami.

PIN ini sangat berguna, terutama sebagai alat verifikasi untuk mengamankan transaksi perbankan.

Cara Mengetahui Pin ATM dari Buku Tabungan

Karena bentuk kombinasi angka dan sifatnya yang rahasia, kita sering lupa dengan PIN ATM pribadi kita. Berikut beberapa alasan umum mengapa kita sering lupa kombinasi nomor PIN ATM

Ini bagus dalam hal keamanan. Namun, jika kita tidak mengingat kombinasinya, akibatnya akan fatal. Semua jenis transaksi perbankan dapat dihentikan secara otomatis. Hal ini tentu sangat merepotkan, apalagi jika Anda memiliki kebutuhan mendesak untuk bertransaksi melalui rekening bank Anda.

Jadi sebaiknya buat PIN dengan berbagai nomor yang mudah diingat, jangan sampai dipersulit. Karena tujuan PIN sebenarnya adalah untuk melindungi rekening dan mempermudah transaksi perbankan.

Beberapa Alasan Kenapa PIN ATM Sering Lupa

  • Gunakan kombinasi yang terlalu acak

Banyak dari kita menghasilkan PIN ATM berdasarkan angka acak. Tujuannya mungkin untuk mempersulit prediksi apakah ATM akan hilang atau dicuri pada hari tertentu.

  • Setiap akun memiliki PIN yang berbeda

Saat ini, bukan tidak mungkin jika kita memiliki banyak rekening dan kartu ATM di dompet kita.

Nah, untuk menjaga kerahasiaannya dan tidak mudah diketahui, banyak orang yang memasang PIN berbeda untuk setiap akun.

Jadi, misalnya Anda memiliki berbagai bank, dari Mandiri, BCA, BRI, dll, dan Anda mengatur semuanya dengan pin yang berbeda.

Meskipun metode ini bagus, Anda cenderung lupa kombinasi PIN untuk semua akun yang Anda miliki.

  • Jangan Catat PIN ATM

Pencatatan PIN ATM memang membawa risiko yang signifikan, tetapi juga sangat efektif untuk mencegah insiden lupa PIN.

Sebaiknya catat PIN ATM Anda di lokasi tersembunyi yang tidak mudah diakses orang lain. Misalnya, membuat catatan di buku tabungan atau smartphone.

  • Waspada rekening terblokir karena lupa PIN ATM

Ketika kita lupa PIN, kita cenderung mencoba memasukkannya berkali-kali sehingga mesin menolak menggunakan kartu ATM kita untuk bertransaksi.

Kartu dan akun juga diblokir, selama Anda tidak memblokirnya, mereka akan dinonaktifkan. Jika Anda mengalaminya, ikuti tips mengelola atm yang diblokir.

Jadi jika Anda lupa PIN ATM dan salah memasukkan PIN sebanyak dua kali, batalkan transaksi dan keluarkan kartu dari ATM.

Kemudian segera hubungi kontak darurat di penerbit ATM untuk bantuan pengambilan PIN ATM Anda.

Apa yang Harus Anda Lakukan ketika Anda Lupa PIN ATM dan Kartu Anda diblokir?

Panggilan CS ATM bank penerbit kartu Bank kamu.

Beberapa bank di Indonesia telah menyiapkan cara mudah untuk memprediksi pembukaan blok ATM dengan menghubungi call center bank tersebut.

Di telepon, Layanan Pelanggan Bank akan membantu Anda membuka Pim ATM.

Layanan pelanggan akan menanyakan mengapa ATM dapat diblokir. Sekedar penjelasan, ATM diblokir karena salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali. Selebihnya, customer service akan memverifikasi data pribadi kami. Jika semua cocok, blok akan diberhentikan. Setelah itu, kita akan mendapatkan basis 123456 sebagai PIN baru.

Berikut Beberapa Bomor Call Center Bank Indonesia

  1. Bank BRI: 14017
  2. Bank Mandiri: 14000
  3. Bank BNI: 1500046
  4. Bank BCA: 500888
  5. Bank CIMB Niaga: 14041
  6. Bank BTN: 1500286
  7. Langsung ke ATM bank penerbit

Ketika kartu ATM diblokir, cara lain adalah pergi ke cabang yang mengeluarkan kartu ATM. Misalnya, jika Anda memiliki kartu ATM BRI, Anda harus pergi ke cabang BRI terdekat.

Jangan lupa membawa dokumen pelengkap seperti buku tabungan, KTP, SIM atau tanda pengenal lainnya. Di sana, kita bisa mengatasi kemacetan ATM melalui customer service.

Cara Mengetahui PIN ATM dari Buku Tabungan

Ketika Anda lupa PIN ATM Anda, Anda panik dan gila. Apalagi jika harus melakukan transaksi seperti penarikan atau transfer secepatnya.

Jika Anda adalah orang yang mudah dilupakan, Anda harus menuliskan PIN ATM Anda di suatu tempat. Yang cukup aman ada di buku tabungan.

Tulis saja kombinasi angka yang menjadi PIN Anda di salah satu buku tabungan dan pastikan buku tabungan selalu ada di tas Anda.

Jadi jika suatu saat Anda lupa PIN ATM Anda, Anda dapat mencarinya di buku tabungan Anda. Tapi pastikan tidak ada yang mengetahuinya dan jangan sampai kehilangan buku tabunganmu, oke?

Tips Untuk Tidak Lupa PIN ATM

Mengelola rekening dan kartu ATM yang diblokir tentu merepotkan. Apalagi jika Anda seorang karyawan atau pekerja kantoran, mungkin akan sulit untuk mengajukan cuti untuk bisa membuka rekening di bank.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak lupa atau salah memasukkan PIN ATM

  • Gunakan kombinasi angka yang mudah diingat

Berhenti menggunakan kombinasi bilangan kompleks. Gunakan kombinasi yang mudah diingat tetapi sulit ditebak orang lain.

Sekedar saran, jangan sekali-kali menggunakan tanggal lahir Anda sebagai PIN ATM atau kombinasi tanggal lain yang diketahui banyak orang, seperti nomor yang tertera di KTP atau STNK.

Karena tanggal tersebut dapat diketahui oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin membobol akun Anda.

  • Gunakan PIN ATM yang sama untuk semua rekening

Meskipun Anda memiliki banyak ATM, hindari penggunaan PIN yang berbeda untuk setiap ATM yang Anda miliki. Gunakan kode numerik yang sama untuk setiap rekening untuk menghindari pemblokiran ATM karena salah memasukkan PIN.

  • PIN harus diingat dan dicatat

Apapun PIN ATMnya, harus selalu diingat dan dicatat. Jadi jika suatu saat Anda lupa, masih ada catatan untuk menyelamatkan Anda.

Cara Mengetahui PIN BRI dengan Langsung ke Cabang Bank BRI

Bagi nasabah Bank BRI selain dapat menghubungi Call Centre BRI dapat langsung ke cabang terdekat untuk mencari PIN ATM. Namun, biasanya Anda akan diinstruksikan untuk mengganti PIN ATM dengan PIN ATM yang baru. Metode seperti di bawah ini:

Bawa buku tabungan, KTP, SIM card dan kartu ATM ke cabang BRI terdekat.

Pergi ke layanan pelanggan dan beri tahu mereka bahwa tujuan kami adalah mencari tahu dan mengubah PIN ATM

Kami akan diinstruksikan untuk melengkapi dokumen identitas, dan menyertakan nomor rekening. Setelah verifikasi layanan pelanggan, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN baru

Cara Mengetahui PIN ATM yang Lupa Tanpa ke Bank

Jika Anda ingin mengganti kombinasi PIN ATM agar lebih mudah diingat, caranya sangat sederhana. Anda tidak harus pergi ke cabang bank, lho.

  1. Bagi nasabah BRI, perubahan PIN ATM dapat dilakukan melalui aplikasi BRI mobile yang juga biasa digunakan sebagai cara cek saldo BRI tanpa harus ke ATM.
  2. Penting untuk dicatat bahwa Anda harus mengaktifkan akun Anda ke akun BRI Mobile Anda sebelum Anda dapat mengubah PIN Anda melalui BRI Mobile.
  3. Caranya sangat mudah, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  4. Login ke aplikasi BRI Mobile di smartphone Anda.
  5. Klik 'Layanan Nasabah' di akhir menu BRI Mobile Home.
  6. Klik pada opsi lanjutan "Ubah PIN". Selanjutnya, masukkan PIN 6 digit baru dan verifikasi dengan memasukkan kembali PIN 6 digit baru.
  7. Terakhir, kita akan diminta memasukkan PIN lama yang sudah berhasil diganti.

Itulah cara mengetahui PIN ATM dari buku tabungan Anda dan cara lain untuk mendapatkan PIN ATM Anda kembali.

Akhir Kata

Diatas adalah cara mengetahui pin atm dari buku tabungan, semoga bermanfaat untuk kamu yang lupa pin atm.

Penting untuk mengingat PIN ATM, dan Anda juga harus memiliki asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan anak atau asuransi kendaraan.

Baca Juga :