Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekuatan Utama Dalam Sistem Keamanan Negara Adalah

Kekuatan Utama Dalam Sistem Keamanan Negara Adalah

Halo sobat, apakah kamu mencari materi kekuatan utama dalam sistem keamanan negara adalah? berikut kami akan menjelaskan dan beserta jawabannya. Baca sampai akhir supaya lebih paham tentang keamanan negara ya sob.

Kamu mencari tahu kekuatan utama dalam sistem keamanan negara adalah? tidak usah bingung karena kamu membaca artikel ini, tidak usah ke yang lain karena disini sudah lengkap.

Sebelum membahas tentang kekuatan utama dalam sistem keamanan negara adalah alangkah kita mengetahui dulu apakah sistem keamanan negara? fungsi keamanan negara salah satunya untuk menjaga batas wilayah Indonesia. 

Dan juga wilayah negara Indonesia diatur dalam pasal 25a Uud Nri tahun 1945. 

Jika kamu dapat pertanyaan kekuatan utama dalam sistem keamanan negara adalah? sudah bisa menjawab belum. Jika belum yuk kita simak bareng-bareng sob.

Pengertian Sistem Keamanan Negara

Sistem keamanan negara adalah Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta atau Sishankamrata adalah strategi dalam pertahanan dan keamanan negara Indonesia. 

Keamanan sistem negara mencakup berbagai bidang, diantaranya aspek-aspek kehidupan masyarakat yang luas yang tertera di RUU Kamnas :

  1. Keamanan insani
  2. Keamanan publik
  3. Keamanan ke dalam
  4. Keamanan keluar

Apa Ciri-ciri Sistem Pertahanan Sishankamrata

Sistem pertahanan dan keamanan negara mempunyai ciri-ciri yang sifatnya semesta ini terbagi menjadi tiga bagian. Yaitu kerakyatan, kesemestaan dan kewilayahan. Sistem pertahanan dan kemanan negara Indonesia yang sifatnya semesta ini secara umum berfungsi untuk mempertahankan dan menjaga kesatuan dan kedaulatan negara Indonesia.

Berikut Contoh Soal Sistem Keamanan Negara

Soal

1. Jika kamu menemukan soal kekuatan utama dalam sistem keamanan negara adalah? cukup mudah untuk menjawab mengenai kekuatan utama dalam sistem keamanan suatu negara.

Pembahasan

Jawaban mengenai kekuatan utama adalah usaha pertahanan dan keamanan negara Indonesia dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) beserta jajaran sebagai kekuatan utama kemudian rakyat Indonesia sebagai kekuatan pendukung. 

Sudah jelas ya mengenai kekuatan utama dalam sistem keamanan negara yaitu melalui TNI dan Polri. Dan rakyat sebagai kekuatan pendukung negara.

Soal

2. Pertanyaan tentang sistem keamanan negara selanjutnya adalah, berikut adalah batas wilayah indonesia di bagian selatan terdiri dari? kamu harus mengetahui batas-batasan yang sudah kita jelaskan pada pembahasan. 

Pembahasan

Jawabannya Batas wilayah negara Indonesia di bagian selatan terdiri dari bermacam letak secara wilayah Indonesia berbatasan dengan negara bagian wilatah Indonesia di bagian Selatan terdiri dari Australia, Samudera Hindia, dan Timor Leste. 

Batas wilayah Indonesia di bagian bagian utara yaitu Malaysia, Filipina, Singapura, dan Laut Cinta Selatan. Sementara batas wilayah Indonesia di bagian barat berbatasan dengan Samudera Hindia.

Sudah mengerti ya batas wilayah Indonesia?

Soal

3. Apa isi dari pasal 25a Uud Nri tahun 1945 tentang wilayah nkri yang paling tepat adalah? yang saya jelaskan berikut ini pada pembahasan.

Pembahasan

Jawabannya adalah Isi dari pasal 25a Uud Nri tahun 1945 sebagai berikut ini, pasal ini berisi tentang wilayah NKRI :

Dikutip dari sumber google isi pasal 25a Uud Nri tahun 1945: Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri- ciri Nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang.

Jadi sudah jelas ya isi pasal 25a Uud Nri tahun 1945 yang berisi tentang wilayah NKRI.

Akhir Kata

Sekian dari admin mengenai pembahasan kekuatan utama dalam sistem keamanan negara, batas wilayah Indonesia dan isi dari pasal 25 a Uud wilayah NKRI.

Sekian semoga bermanfaat, bila ada kritik dan saran tulis dikomentar ya sob.

Baca Juga : Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Dengan Terapi Hormon.