Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Pengambilan Napas Pada Renang Gaya Bebas Adalah


Teknik Pengambilan Napas Pada Renang Gaya Bebas Adalah

Kali ini kita akan membahas mengenai teknik pengambilan napas pada renang gaya bebas adalah, yang sudah kita rangkum secara lengkap. Baca sampai bawah ya agar jelas mengenai teknik napas renang gaya bebas ini.

Kamu mencari informasi tentang teknik pengambilan napas pada renang gaya bebas adalah? kebanyakan orang masih bingung teknik saat pengambilan napas saat berenang.

Jika kamu belum tahu teknik pengambilan napas pada renang gaya bebas adalah, dibawah ini sudah Admin jelaskan. 

Sebelum mengetahui teknik pengambilan napas pada renang gaya bebas adalah. Sebaiknya kita mengetahui dulu apa itu berenang dan gaya bebas adalah dan gimana start atau awalan dalam berenang yang baik dan benar. 

Dan bagaimana berenang gaya bebas posisi wajah yang benar menghadap kemana kita akan bahas semuanya.

Pengertian Renang
Apakah kamu sudah pernah berenang? tentunya sudah kan. Renang merupakan cabang olahraga yang sangat digemari dari berbagai kalangan usia muda sampai tua.

Renang adalah cara olahraga dengan gerakan berpindah tempat ke tempat lain secara teratur di air dengan cepat menggunakan tangan dan kaki untuk menyeimbangkan badan dan terapung. Biasanya berenang pada kolam renang, sungai dan laut. 

Gaya renang mempunyai banyak gaya salah satunya adalah gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung dan gaya dada. 

Namun yang kita akan bahas kali ini adalah teknik pengambilan napas pada renang gaya bebas, apa yang harus kamu lakukan untuk teknik ini?

Dalam melakukan olahraga renang memang sangat penting untuk mengatur pernapasan, semakin panjang napas akan semakin bagus. Memungkinkan orang untuk renang didalam air yang lumayan lama.

Teknik Pengambilan Napas Pada Renang Gaya Bebas Adalah
Untuk memulai renang berdirilah di tepi kolam, saat posisi start atau awalan dalam berenang lakukan dengan cara kaki menempel pada dinding kolam renang untuk melakukan tolakan.

Lakukan posisi start atau awalan dalam berenang seperti biasa dan ambil napas dalam-dalam lalu meluncur berenang ke kolam. Melakukan posisi wajah ketika berenang gaya bebas posisi wajah menghadap ke permukaan air fokus ke depan.

Pengambilan napas pada umumnya dilakukan dengan menolehkan kepala ke kiri atau kanan agar mulut atas untuk bernapas menghirup udara. 

Saat pengambilan napas kepala harus satu posisi baik itu menoleh ke kiri atau kanan, saat renang keluarkan dan kontrol napas dan sambil mendayungkan tangan bersamaan. 

Kemudian lakukan berulang lebih cepat pergerakan pengambilan napas semakin mempercepat renang.

Memang jika tidak terbiasa agak sulit, harus melewati proses latihan agar bisa menguasai teknik pengambilan napas untuk renang gaya bebas ini. Jadi perbanyak latihan renang ya. 

Untuk awalan start dalam berenang kamu harus memberikan dorongan kaki pada tembok kolam renang supaya melebihi pemain yang lainnya.

Beberapa Contoh Soal dan Pembahasan Renang

Contoh soal
1. Jika kamu menemui soal tentang posisi start atau awalan dalam berenang adalah, jangan bingung untuk menjawab simak pada pembahasan.

Pembahasan
Untuk menjawab pertanyaan posisi start atau awalan dalam berenang adalah kaki menempel pada dinding kolam renang. 

Dengan menempelkan kaki kamu bisa menggunakan untuk pacuan awal start, dan lakukan dorongan kaki dengan pijakan dindin kolam renang agar mendapat dorongan dan bisa memulai start berenang dengan cepat.

Apakah kamu sudah paham posisi start atau awalan dalam berenang? yang admin sebutkan tadi, jika sudah pembahasan soal berikutnya. 

Contoh soal
2. Jika kamu menemui soal ketika berenang gaya bebas posisi wajah menghadap ke? jawabannya cukup sederhana.
 
Pembahasan
Jawabannya ketika kamu berenang dengan gaya bebas posisi wajah menghadap ke permukaan air dan usahakan ketika hendak mengambil nafas dilakukan pada saat salah satu lengan ke luar lalu badan menjadi miring dan kemudian kepala berpaling ke samping ambil nafas sebanyak-banyaknya dan lakukan dengan cepat.

Akhir Kata
Penjelasan diatas adalah rangkuman teknik pengambilan napas pada renang gaya bebas adalah dengan yang Admin sebutkan diatas.

Jadi jika kamu pengen mahir dalam renang sebaiknya kamu menambah latihan, no pain no gain. Dengan sering berlatih renang maka kamu dapat pengambilan napas yang panjang dan bisa melakukan renang gaya bebas.

Sekian dari Admin mengenai pembahasan teknik pengambilan napas pada renang gaya bebas, posisi start atau awalan dalam berenang dan membahas tentang ketika berenang gaya bebas posisi wajah menghadap ke permukaan air jawaban yang benar. Sekian dan terimakasih.

Jadi kamu mau mencoba berenang dengan gaya bebas?