Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memakai Masker Duckbill yang Benar

Cara Memakai Masker Duckbill yang Benar

Cara Memakai Masker Duckbill Yang Benar

Cara memakai masker duckbill - Dengan begitu banyak kelonggaran, orang seolah lupa bahwa kita semua masih berada di tengah pandemi. Apalagi merajalela dengan varian terbaru virus COVID-19 bernama Omicron

Artinya, sekali lagi harus waspada, jaga jarak dan pakai masker. Masker Duckbill merupakan salah satu jenis masker yang paling banyak digunakan oleh warga. Untuk melindungi kesehatan Anda selama pandemi, berikut ulasan tentang cara memakai masker duckbill yang benar.

Umumnya virus ini menyebar melalui droplet atau percikan produk pernapasan seperti bersin, bersin, dan batuk, sehingga masyarakat yang perlu memakai masker adalah yang mengalami demam, yang sedang flu/batuk/bersin, dan yang sedang sembuh dari sakit

Hal ini dikarenakan orang yang sedang demam dan sedang dalam masa pemulihan memiliki status imun yang buruk, Oleh karena itu ia harus melindungi diri dari kemungkinan risiko paparan. Orang-orang ini harus memakai masker bedah biasa.

Bagi petugas kesehatan yang memberikan intervensi atau tindakan kesehatan kepada pasien harus beroperasi dalam jarak pendek kurang dari 1 meter, dan masker yang digunakan adalah masker N95. 

Jika perlu, alat pelindung diri yang lebih lengkap akan digunakan sesuai dengan pedoman pencegahan dan pengendalian infeksi. Masyarakat biasa tidak perlu menggunakan masker N95, melainkan masker bedah biasa.

Dibandingkan dengan produk masker lainnya, masker duckbill memang lebih khas. Dalam bahasa Indonesia, duckbill diterjemahkan sebagai "duckbill". Ini mengacu pada bentuk masker, dengan ujung runcing seperti paruh bebek. 

Dibandingkan dengan masker biasa, masker duckbill ini memang memberikan ruang bernapas yang lebih luas. Oleh karena itu, masker ini dapat memberikan kenyamanan saat Anda berada di luar ruangan.

Bahan yang digunakan untuk membuat masker duckbill ini sangat beragam. Dari segi khasiat, masker duckbill ini cukup efektif untuk bertahan dari partikel virus atau partikel lain yang berbahaya bagi saluran pernapasan. 

Masker Duckbill umumnya terbuat dari kain tenun yang tebal dan sering digunakan sebagai masker medis. Masker Duckbill biasanya terbuat dari 3 lapis. Lapisan luar pertama berperan penting dalam menyaring air atau droplet saat seseorang bersin, batuk atau berbicara. Hal ini tentunya sangat bermanfaat di masa pandemi ini. 

Selain itu, hampir semua jenis virus di udara menyebar melalui tetesan udara. Filter kedua adalah filter debu yang melindungi saluran udara Anda, terutama bagi mereka yang menderita asma. Lapisan ketiga dan terdalam digunakan untuk menyerap tetesan yang Anda keluarkan. 

Dengan begitu, Anda bukan satu-satunya yang dilindungi. Orang-orang di sekitar Anda akan lebih sehat. Semakin banyak lapisan yang dimiliki masker duckbill, semakin baik dalam menyaring virus. 

Keuntungan lain dari masker duckbill adalah Anda tidak akan merasa pengap. Oleh karena itu, masker ini sangat cocok bagi mereka yang produktif dan aktif beraktivitas. Masker Duckbill umumnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu masker sekali pakai dan masker kain.

Tentu saja, Anda bebas memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Masker duckbill sekali pakai pasti lebih praktis. Namun, masker kain duckbill sangat bagus untuk menghemat uang selama pandemi sekaligus melindungi lingkungan.

Cara Menggunakan Masker Duckbill yang Benar

Setelah mengetahui sedikit tentang produk masker duckbill, tentunya Anda akan menyadari pentingnya memakai masker dengan benar. Pastikan Anda memakai masker dengan benar dengan cara:

  1. Sebelum memakai masker, pastikan tangan dalam keadaan bersih. Anda bisa membersihkan tangan dengan air mengalir atau sabun. Atau, jika Anda dalam keadaan darurat, Anda dapat menggunakan pembersih tangan

  2. Angkat masker dan pasang kedua tali masker ke telinga (ear loop), atau kenakan masker yang dipasang di kepala dari atas kepala. Pastikan semua bagian hidung, mulut, dan dagu tertutup rapat. Kamu juga perlu memastikan bahwa masker yang kamu pakai tidak terbalik

  3. Tekan kawat di bagian atas masker duckbill dan ikuti lekukan hidung. Masker dengan ukuran yang tepat akan pas dengan wajah Anda dan tidak mudah lepas.

Dengan mengenakan masker duckbill yang benar, Anda mengambil tindakan pencegahan tingkat pertama untuk mencegah risiko penyebaran virus corona. 

Tapi apakah masker duckbill benar-benar efektif mencegah penyebaran Covid-19? Yuk, simak penjelasannya.

Berikut ini beberapa tips memakai masker duckbill untuk penyebaran covid-19

Sebelum menyentuh masker yang Anda kenakan, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol atau antiseptik.

  • Tanpa menyentuh bagian depan masker, lepaskan tali masker dari belakang kepala atau telinga.

  • Lepaskan masker sambil sedikit condong ke depan dan tarik masker menjauh dari wajah. Ingat untuk tidak menyentuh masker duckbill, oke?

  • Segera buang masker di tempat sampah tertutup. Jangan pernah mempertimbangkan untuk menggunakan kembali masker medis, termasuk masker duckbill, karena masker medis hanya untuk sekali pakai.

  • Segera cuci tangan setelah menyentuh masker dengan sabun antiseptik di bawah air mengalir.

  • Ganti masker jika kotor atau lembap.

Nah, dengan mengetahui cara membuang limbah masker duckbill sekali pakai yang benar, mulai sekarang stop membuang masker bekas karena membuat lingkungan kita terlihat kotor, Virus yang menempel di permukaan masker juga berisiko menyebar ke orang lain saat Anda tidak sengaja menyentuh masker yang dibuang.

Akhir Kata

Diatas adalah cara memakai masker duckbill yang baik dan benar dari berbagai sumber yang admin kumpulkan, semoga bermanfaat ya.

Kita sama-sama berdoa agar pandemi ini cepet menjadi endemi, semua akan selesai dan covid menghilang. Aamiin.